Saturday, March 7, 2015

Bikin Custom PIN BBM. PIN BBM Cantik Pakai Nama Sendiri




Ada yang baru dari fitur BBM. BlackBerry merilis sebuah fitur yang menarik, yakni custom PIN. Gampangnya, kita bisa beli PIN cantik dari BlacBerry. PIN cantik ini keren, karena bisa memasukkan huruf apa saja. Berbeda dengan selama ini hanya kombinasi angka 0 – 9 dan huruf A – F. Selain itu, selama ini juga terbatas dan selalu disertai anga awal yang pasti, misal awalan 2 untuk perangkat BlackBerry GSM, awalan 3 untuk CDMA, awalan 7 dan terakhir awalan angka 5 untuk Android.

Kini dengan custom PIN, kita bisa memasukkan huruf apa saja. Bahkan karakter underscore  (_) dan dash (-). Jumlah karakter juga berbeda. Dengan custom PIN, kita bisa membuat PIN cantik antara 6 – 8 digit. Boleh angka semua, huruf semua atau kombinasi. Tidak selalu 8 digit seperti selama ini. Lalu, bagaimana cara membuat PIN BBM cantik ini?

Membuat custom PIN BBM sendiri tidaklah terlalu sulit. Syaratnya, pengguna BBM ternyata hanya bisa membuat PIN sendiri apabila telah membeli fitur subscription dari BlackBerry. 

Harga yang harus dibayarkan untuk mendapatkan fitur tersebut tidaklah terlalu mahal. Pengguna cukup membayar 2 dollar AS atau sekitar Rp 26.000 per bulannya. Tetapi, saya tadi hanya membayar Rp. 20.367 seperti yang ditagihkan Google Wallet pada nomor Telkomsel saya dengan cara dipotong pulsa. Bukti pembelian juga dikirim oleh Google melalui email.

Untuk membuat PIN sendiri, cara yang harus ditempuh oleh seorang pengguna BBM tidak terlalu panjang. Cara ini berlaku untuk BBM semua OS, baik itu BB OS, iOS, maupun Android.

Pertama, pengguna harus sudah mengupgrade aplikasi BBM dengan versi terbaru. Setelah itu, langsung saja buka aplikasi tersebut. Kemudian, pilih BBM Shop. Biasanya, pilihan tersebut terdapat di bagian paling bawah Menu.


Sesudah itu, cari tab Subscription dan tekan menu Custom PIN. Di bagian ini, pengguna harus membayar biaya Subscription. Cara membayar adalah dengan cara kita memasukkan nomor Telkomsel yang kitya pakai untuk “diambil” pulsanya. Setelah membayar, pengguna bisa langsung membuat dan memilih PIN sendiri.

Pengguna bebas memilih PIN sepanjang 6 hingga 8 karakter, yang bisa dikombinasikan antara huruf dan angka. Yang harus diingat, PIN
 custom atau buatan sendiri ini tidak akan selamanya menjadi milik pengguna. Apabila masa subscription sudah selesai, otomatis PIN custom tersebut sudah bisa "dibeli" oleh pengguna lain.

Untuk mencegah hal tersebut terjadi, BlackBerry menyarankan untuk segera memperpanjang
 subscription, sebelum masa berlakunya habis. 

Saya, karena penggemarnomor cantik, langsung saja berminat. PIN saya sebelumnya 51218FFF dan saya beli PIN baru yakni: OKESIP dan langsung berhasil. Ini artinya bahwa OKESIP belum dibeli orang.

Kabar terbaru, hanya pengguna iOS yang akan mendapatkan notifikasi “tagihan” untuk perpanjangan custom PIN, sedangkan pengguna Android dan BlackBerry tidak.

PIN ini hanya semacam PIN alias atau PIN substitusi karena PIN yang asli masih ada. Sayangnya, bagi pengguna yang belum melakukan upgrade aplikasi BBM di perangkatnya tidak bisa meng-invite PIN custom ini. Saat dimasukkan PIN, perangkat tidak langsung otomatis membaca sebagai PIN. Pengguna hanya bisa meng-invite PIN custom ini dengan cara men-scan.

Itulah mengenai custom PIN atau cara membuat PIN BBM cantik.


0 comments:

image

Brand Development

Saya adalah blogger, penulis, citizen journalist sekaligus praktisi marketing. Konsultan pengembangan merek, penyusunan sistem franchise. Trainer marketing, sales dan online advertising

image

Web Development

Anda butuh website atau blog pribadi? Untuk pengembangan usaha, LSM, organisasi, sekolah, toko online atau perusahaan Anda? Silahkan hubungi saya 0812-2222-0750 atau kirim email ke mr.antowiyono@gmail.com