Wednesday, June 22, 2011

Blogwalking, Cara Ampuh Menaikkan Traffic Blog



Anda ngeblog? Sepi pengunjung? Hehehe… Saya juga. Blog saya sepi pengunjung karena saya sekarang sombong. Kok bisa? Beberapa bulan terakhir saya jarang sekali posting artikel baru di blog saya. Data statistik juga menunjukkan bahwa perbulan saya hanya posting satu sampai dua artikel. Apalagi sejak kemunculan facebook, saya justru lebih sering fesbukan daripada blogging. Sepertinya penyakit ini juga menyerang beberapa blogger lain. Penyakit bernama Malaschenicus Postingcanthropus alias malas posting menjangkiti beberapa blogger sejak adanya facebook.


Tetapi sebetulnya masih banyak cara untuk menjaga eksistensi blog dan blogging. Masih banyak cara untuk tetap menjalankan pesan beberapa komentator di postingan “..keep posting…” dan menjadikan blog kita sebagai blog yang sering dikunjungi serta menjadi blog yang recommended.

Salah satu cara ampuh untuk menaikkan traffic blog adalah Blogwalking. Blogwalking adalah jalan-jalan mengunjungi blog orang lain, membaca blog mereka kemudian meninggalkan jejak. Jejak bisa kita tinggalkan dengan cara memposting komentar pada artikel blog yang kita baca. Dengan meninggalkan komentar ada banyak hal yang bisa kita dapatkan.

Pertama adalah si pemilik blog merasa dihargai dengan postingan komentar kita. Pemilik blog akan merasa lebih semangat untuk menulis lagi karena merasa blognya dikunjungi netter lain. Sehingga mampu menghasilkan tulisan-tulisan yang bermutu dan terposting secara regular dan terjadwal dengan baik. Akhirnya menjadi blog yang recommended. Bagaimana jika pemilik blog tersebut adalah kita? Nah, pasti kita akan semangat terus untuk posting artikel.
Kedua, blogwalking kerap memberi kita inspirasi untuk menulis. Sesuatu yang merasa janggal, menarik, aneh, menantang dan lain-lain akan menginspirasi kita untuk menulis. Membaca blog orang dengan tulisan yang kurang bermutu menurut kita justru kerap menginspirasi kita untuk menulis tema yang sama namun lebih komprehensif dan lengkap serta berbobot.
Ketiga, dengan meninggalkan jejak link URL kita di blog milik orang akan menggiring orang untuk mengklik blog kita dan meningkatkan traffic. Selain itu, jika blog kita merupakan blog yang berbobot dan recommended, bukan tak mungkin blog kita akan memiliki banyak pelanggan yang berkunjung secara berkala menunggu postingan terbaru kita.

Meninggalkan jejak selain di komentar bisa juga di kotak buku tamu, biasanya di Shoutbox yang disediakan oleh Shoutmix sebagai widget special buat tamu untuk meninggalkan jejaknya. Jejak link URL di Shoutbox ini juga sangat memungkinkan si pemilik blog atau netter lain mengklik blog kita dan menaikkan traffic.

Jejak yang kita tinggalkan di blog orang lain juga kerap terbaca oleh mesin Google. Apalagi kalau kita memiliki avatar. Saya kerap menemukan hasil pencarian Google untuk gambar saya dengan keyword “Omtri” justru ada di kolom komentar blog orang yang saya kunjungi. Blog yang sudah di optimalkan dengan SEO (Search Engine Optimation) sangat mudah dikenali oleh Google. So, jika ada nama atau foto avatar kita disana maka kita akan semakin sering ditemukan oleh mesin pencari ini.

Nah, mulai sekarang jangan sombong seperti saya. Jadilah blogger yang baik yang senang berkunjung kesana-kesini. Jadilah blogwalker yang baik agar blogwalker lain juga senang berteduh di blog kita.

Namun, hal-hal lain yang juga perlu dipertimbangkan untuk menaikkan traffic juga harus dipertimbangkan. Seperti saling tuker link (Link Exchange) atau mengikuti Blog Agregator seperti Kompasiana, Vlog-nya Vivanews juga terbukti mampu menaikkan traffic. Dan yang tak kalah penting adalah:
1. Menulis
2. Terus menulis
3. Menulis lagi
4. Kembali ke poin satu. Hehehe…

Gambar diambil dari Blog Anastasyea

21 comments:

Khas said...

Ya, benar juga tuh,
saya malas kali buat posting, padahal udah ada blog lagi, pantasan ja, pengunjung setianya cuma satu, saya sendiri.hehe
thks bnaget tulisannya yah..

Ida Raihan said...

Ida memang jarang posting tulisan akhir'' ini. Tetapi membaca postingan dan berkomentar di tempat orang lain hingga kini ida masih menyukainya. Dan hal sangat Ida sukai. :)

Wassalam
Ida Raihan

Unknown said...

apalagi saya penghuninya cuma aku aja terus terpampan kayak papan reklame...jadi udah malas jadinya..thank you ..sarannya

Selena said...

memang bener blogwalking bisa ningkatin eksistensi blog, banyak gunanya jg kayak nambah referensi. A good tip, tapi isinya sekalian refleksi akan seorang blogger yang sombong ya:p

foto unik said...

blogwalking merupakan silaturahmi dalam dalam dunia maya,semakinsering silahturahmi semakin terbuka pintu-pintu rejeki

Anonymous said...

Selamat... berkat tulisan 'blogwalking' anda, saya jadi blogwalking ke sini :)

allthewin said...

bener banget mas, bogwalking selain dapt link, dapat jg menjalin pertemanan antar blogger

Panduan Cara said...

setubuh mas, eh setuju maksudnya hehe. kalau blog sepi pengunjung rasanya males buat nulis artikel

karodalnet said...

nyari info tentang blogwalking di google, akhirnya berlabuh di blog ini, sekalian tinggalkan jejak :)

salam blogwalking deh mas...

Edi Nurhadi, S.E. said...

Pengen bisa coreldraw? Silahkan kunjungi http://edholthea.blogspot.com untuk trik coreldraw, info menarik dan software gratis

Muh.Hidayat said...

postingnya hebat Mas... slam kenal : www.mobilecyber.blogspot.com

Unknown said...

Trims gan, nice info saya baru nih blom bisa tulas tulis jadi copas dulu.
klo ada waktu mampir sini ya www.pinrizal.blogspot.com trims...

Diana Sesarin said...

Terima kasih buat infonya, moga2 traffic blog saya bisa naik secepatnya.

Arif Hidayatullah said...

thanks infox....

jangan lupa kunjungi juga blog saya,.. http://arif-sape-chelsea.blogspot.com

Astrid Imanuel said...

Ga mau posting paling engga ya blogwalking
nambah ilmu dan teman :)

follow http://sidekilikanan,blogspot.com

pirly_ae.dot.com said...

makasih nich infonya. kunjungi balik ya http://pirlyyyy-dot-com.blogspot.com/2012/01/sewa-ruang-kantor-jakarta-murah.html

Unknown said...

ne lagi blogwalkng juga
hehe

mkce bnyak ats inf0 nya
tl0ng ksih msukan dnx
tentang tampilan blog saya
article-compilation.blogspot.com

obat herbal|alami|tradisional|penyakit|kanker|diabetes|jantung|ginjal|kista|paru-paru said...

terimakasih gan.. infonya bermanfaat

file skripsi said...

mantap gan artikelnya.. dicoba dulu ya..

dlindsoul said...

iya benertuh setuju sama kamu gan!

Anonymous said...

Kunjungan Balik

http://foursda.blogspot.com

image

Brand Development

Saya adalah blogger, penulis, citizen journalist sekaligus praktisi marketing. Konsultan pengembangan merek, penyusunan sistem franchise. Trainer marketing, sales dan online advertising

image

Web Development

Anda butuh website atau blog pribadi? Untuk pengembangan usaha, LSM, organisasi, sekolah, toko online atau perusahaan Anda? Silahkan hubungi saya 0812-2222-0750 atau kirim email ke mr.antowiyono@gmail.com