Thursday, June 16, 2011

Menganalisa Blog dengan Google Analytics

Lama sekali saya tidak mengutak-atik blog. Sesekali hanya posting, kemudian idle lagi. Hibernasi lama. Template yang saya pakai sekarangpun sudah merupakan template final yang saya sendiri sudah sangat pas dan tidak ada keinginan untuk merubahnya lagi. Hingga malam ini (Kamis, 16 Juni 2011) saya membuka akun blogger dengan maksud menambahkan beberapa widget agar blog saya tidak berkesan angkuh, sombong…:D


Setelah menambahkan beberapa widget, sayapun iseng-iseng membuka panel statistic pada blogger saya. Kemudian saya cerna apa yang sudah Google Analytic suguhkan atas hasil analisanya. Wow….!!!

Terdapat banyak data analisa Google mulai dari negara pengunjung blog saya, jumlah kunjungan perbulan, referring URL atau asal pengunjung bisa “tersesat” di blog saya sampai keyword yang paling banyak nyasar di blog saya.

Yuk, kita analisa satu persatu berdasarkan screenshot berikut ini. Kita mulai dari OS dan Browsers yang dipakai oleh pengunjung.

Pada gambar diatas jelas sekali bahwa OS Windows mendominasi hingga 92 persen dari 21.069 pengunjung. Di dalamnya juga terdapat user Mac, Linux, Unix dan Andoid. Hmmm…



Untuk Browsers, ternyata meskipun lebih banyak orang menggu
nakan Windows, tetapi browser yang paling disukai adalah Firefox. Browser milik Windows yaitu Internet Explorer hanya dipakai oleh 1.385 atau 6% dari 21.069 pengunjung blog saya. Itu karena selain Firefox 57%, ranking ini terganjal oleh Opera 17%, Chrome 14%.

Lalu, tabel berikutnya adalah negara pengunjung blog saya. Berikut tabelnya:

Pengunjung lokal mendominasi 16.007 dari keseluruhan 21.069, disusul Amerika Serikat, Kanada, Arab Saudi, hingga Jepang. Tapi, mana pengunjung dari Hongkong ya? Bukankah blog ini sering saya share di Facebook dengan jumlah pertemanan di Negara itu cukup banyak? Ah, sudahlah….

Kemudian data lain yaitu, Referring Sites atau asal muasal pengunjung blog “tersesat” di blog saya.

Pada tabel diatas memang terlihat sangat jelas bahwa link dari Kaskus membawa paling banyak pengunjung. Pasalnya pada kisaran November tahun lalu saya membuat postingan tentang Prediksi Bangkrutnya RCTI akibat kurang seimbangnya berita dan opini. Artikel tersebut murni sebuah lelucon tetapi menggunakan bahasa berat ala wartawan Koran Sindo. Alhasil, pukul 2 dini hari postingan naik ke Blog, pagi harinya saya lihat di Google, postingan tersebut dibawa orang ke Kaskus yang hingga kini bisa memanen 2000 komentar atau 100 halaman komentar. Luar biasa….

Predikat kedua adalah kontriibusi Infogue.com, karena pernah suatu ketika artikel saya tentang SCTV yang menayangkan adegan mesum tanpa sensor di Liputan6 dibawa orang ke Infogue.com dan alhasil bisa mengarahkan pengunjung untuk mampir ke blog ini. :D. Selebihnya, kontribusi diberikan oleh Google dengan berbagai cara keyword atau pencarian lainnya.

Yang paling menarik dari semua analisa ini adalah keyword. Dimana keyword yang berbau seks menjadi keyword yang paling sering menyasarkan pengunjung ke blog ini. Seperti keyword bisex, yang saya sematkan pada judul foto hasil rekayasa yang menampilkan foto Bambang Triatmojo dan Mayangsari yang dimanipulasi menjadi foto seorang laki-laki aneh…:D

Selain itu keyword penetrasi yang saya tulis pada artikel tentang penetrasi dalam ilmu marketing juga menjadi keyword paling sering menghantarkan pengunjung mampir ke blog ini. Yah, inillah analisa saya atas data yang disediakan Google Analytics. Semoga bermanfaat dan menjadikan kita lebih banyak bellajar tentang Sisi lain sebuah blog…..

Dan ternyata, tulisan-tulisan yang nakal dan menggelitik adalah tulisan yang paling disukai oleh pengunjung blog saya… Okelah kalau begitu…:D

Dan kini, saya sedang mengupload beberapa artikel lengkap dengan URL blog ini ke VivaBlog dari VivaNews.com . Tujuan utama saya bukan ingin menaikkan traffic atau ranking, tetapi saya ingin mencari barometer atas kualitas tulisan saya. Sebab di Vlog (VivanewsBlog) tulisan blog yang diijinkan juntuk tampil diseleksi terlebih dahulu oleh redaksi Vivanews. Hanya artikel dan blog yang memenuhi syaratlah yang akan ditampilkan. Dan hasilnya, satu artikel saya sudah dimuat di Vlog. Lengkap dengan bonusnya, yaitu pengunjung blog ini bertambah… Hehehehe… Makasih Vivanews.




0 comments:

image

Brand Development

Saya adalah blogger, penulis, citizen journalist sekaligus praktisi marketing. Konsultan pengembangan merek, penyusunan sistem franchise. Trainer marketing, sales dan online advertising

image

Web Development

Anda butuh website atau blog pribadi? Untuk pengembangan usaha, LSM, organisasi, sekolah, toko online atau perusahaan Anda? Silahkan hubungi saya 0812-2222-0750 atau kirim email ke mr.antowiyono@gmail.com