Saturday, September 6, 2014

Kekuatan Testimoni Dalam Sebuah Marketing


Testimoni atau kesaksian adalah satu hal yang sangat penting dalam sebuah strategi marketing. Lihat, banyak iklan di media massa baik televisi, radio maupun media cetak yang menggunakan format settingan testimoni. 

Iklan testimoni yang paling fenomenal adalah iklan Klinik Pengobatan China Tong Fang. Misal; "Saya Agus dari Bondowoso, menderita kanker sudah sejak sepuluh tahun. Kata dokter saya harus dioperasi, tapi setelah berobat di Klinik Tong Fang, alhamdulillah kanker saya berangsur sembuh. Terimakasih Klinik Tong Fang".

Nah, kesaksian dari pasien, user, konsumen atau jaringan distribusi sebuah produk dan jasa seperti itu sangat bermanfaat. Testimoni ini juga bisa saja tanpa sepengetahuan si pengelola produk. Artinya, dengan metode word of mouth, para pelanggan sebuah produk akan saling membagikan testimoninya kepada orang lain, sehingga satu-persatu pelanggan bertambah.

Tetapi ingat, kesaksian atas sebuah  produk atau jasa bukan hanya dalam hal positif, bisa juga dalam hal negatif. Ini justru sangat berbahaya. Satu kali saja seorang kecewa dengan layanan jasa atau produk kemudian bercerita kepada orang lain, maka ratusan calon pelanggan potensial akan menjauh dan penjualan produk kita akan terhambat.

Jadi, untuk mendapatkan testimoni yang baik, diperlukan manajemen mutu yang baik pula. Semoga bermanfaat.

0 comments:

image

Brand Development

Saya adalah blogger, penulis, citizen journalist sekaligus praktisi marketing. Konsultan pengembangan merek, penyusunan sistem franchise. Trainer marketing, sales dan online advertising

image

Web Development

Anda butuh website atau blog pribadi? Untuk pengembangan usaha, LSM, organisasi, sekolah, toko online atau perusahaan Anda? Silahkan hubungi saya 0812-2222-0750 atau kirim email ke mr.antowiyono@gmail.com