Monday, June 23, 2014

Nasi Tewel Khas Tambakromo Pati

Kota Pati terkenal dengan berbagai makanan khas. Berwisata kuliner di kota ini sangat mengasyikkan. Banyak makanan yang murah, unik dan menggugah selera. Ada nasi gandul, mangut kepala manyung, petis Runting, swikee enthok, semur kutuk dan yang satu ini adalah Nasi Tewel.


Nasi tewel adalah makanan khas pati yang terdapat di Desa Ngerang, Jl. Raya Tambakromo - Kayen KM. 01. Di desa ini banyak penjual nasi tewel. Salah satunya adalah Bu Siti. Bu Siti adalah pengelola warung nasi tewel yang merupakan generasi ketiga. Warung tersebut tergolong cukup ramai. dalam sehari, warung tersebut menghabiskan beras hingga 30 kg. Bu Siti buka mulai pukul 16.30 dan tutup sekitar pukul 21.00 atau hanya sekitar 5 jam.

Nasi tewel adalah nasi dan sayur nangka muda (tewel, gori, cecek -Bahasa Jawa). Disajikan dengan piring yang dilapisi daun jati. Aroma khas daun jatii yang terhirup bersama aroma tewel sangat menggugah selera. Rasa sedikit pedas juga memberi sensasi tersendiri. Sayur ini dimasak tanpa MSG.


Nasi tewel dihidangkan hanya dengan lauk tempe goreng dan bakwan. Sangat sederhana. Untuk tiga porsi nasi tewel, tiga gelas teh hangat dan sebelas biji tempe goreng serta satu buah pisang, kami hanya perlu merogoh kocek Rp. 18.000. Kenyang.

Pelanggan Bu Siti bukan hanya dari kalangan warga biasa. Beberapa mobil mewah selalu tampak berjejer di depan warungnya yang sederhana itu. Beberapa diantaranya juga datang dari luar kota. So, mau coba kuliner rakyat ini, cobalah.

0 comments:

image

Brand Development

Saya adalah blogger, penulis, citizen journalist sekaligus praktisi marketing. Konsultan pengembangan merek, penyusunan sistem franchise. Trainer marketing, sales dan online advertising

image

Web Development

Anda butuh website atau blog pribadi? Untuk pengembangan usaha, LSM, organisasi, sekolah, toko online atau perusahaan Anda? Silahkan hubungi saya 0812-2222-0750 atau kirim email ke mr.antowiyono@gmail.com