Monday, June 1, 2009

Menjadi Tenaga Marketing Itu Menyenangkan

Hingga saat ini sudah sekitar 11 tahun saya berkecimpung di bidang Penjualan dan Pemasaran. sebuah profesi minoritas yang hingga kini masih saja menjadi sebuah pekerjaan yang menyenangkan buat saya. Seperti kita tahu, Tenaga Penjualan (selanjutnya saya sebut Salesman) merupakan sebuah pekerjaan yang masuk dalam kategori Profesi. Seperti halnya Dokter, Guru, Pengacara, Artis, Wartawan pekerjaan saya ini masuk didalam jajaran Profesi.
Dalam hal jenis pekerjaan, profesi akan berbeda pengertian jika dibandingkan dengan pekerja pabrik, atau Kepala Dinas Instansi Pemerintah. Karena Salesman memiliki sebuah kode etik yang menjadi ciri khas sebuah profesi.

Salesman yang professional dituntut untuk selalu belajar, menambah wawasan, baik product knowledge untuk produk yang dijualnya sendiri maupun milik kompetitor. Seorang Salesman yang baik selalu bekerja dengan penuh ketulusan dan keikhlasan. Salesman yang terhormat selalu tulus dalam memberikan layanan terhadap kastemernya. Salesman yang baik dikenal bukan hanya karena produknya yang berkualitas ataupun murah, tapi juga dari performanya dalam memberi layanan terhadap kastemer. Banyak kastemer yang merasa puas dengan sebuah produk yang dipakainya bukan hanya karena merasa nyaman ketika memakai produk tersebut tapi karena ia tahu bahwa ia akan mendapatkan sebuah muara terpecahnya sebuah masalah purna jual produk yang ia pakai karena tahu bahwa Salesman yang menjadi counternya memberi layanan terbaik.

Hal inilah yang menjadi tantangan dalam menjalankan profesi Salesman.

[tulisan ini belum sempurna. ikuti artikel saya yang lain untuk tulisan seputar marketing dan salesman]

1 comments:

eryadi said...

inspiratif..... keep writing...!!! ^^

image

Brand Development

Saya adalah blogger, penulis, citizen journalist sekaligus praktisi marketing. Konsultan pengembangan merek, penyusunan sistem franchise. Trainer marketing, sales dan online advertising

image

Web Development

Anda butuh website atau blog pribadi? Untuk pengembangan usaha, LSM, organisasi, sekolah, toko online atau perusahaan Anda? Silahkan hubungi saya 0812-2222-0750 atau kirim email ke mr.antowiyono@gmail.com