Tuesday, January 22, 2008

Attack Eazy Kok Bareng Surf Easy?

Ini mungkin artikel yang nggak menarik. Tapi setidaknya menggelitik hati saya. Maklum naluri Marketing saya tergugah mengenai hal ini. Anda tentu tahu produk Attack dari P&G (Procter and Gamble) [maaf jika salah].

Produk pencuci pakaian ini kini mengeluarkan Sub Merek baru yaitu Eazy. Seperti iklannya, Eazy ini dapat mencuci lebih ringan (enteng) karena dengan zat agent tertentu membuat Eazy ini sangat mudah (easy) digunakan untuk mencuci. Mereka (produsen&distributor) mengklaim bahwa Attack Eazy ini dapat mencuci lebih ringan bagai di bantu oleh 12 tangan.



Lalu, pernah lihat iklan di televisi yang diperankan oleh Farhan dengan setting sebuah pertunjukan tari Bali? Dimana beberapa penonton tari tersebut bahkan si penarinya pun ikut terbingungkan ketika mendengar bunyi "cek kucek kucek kucek kucek......" yang ternyata suara Farhan dari megaphone.

Yang sedang memperagakan mencuci dengan sebuah detergen produksi Unilever ber merek Surf, yang juga melahirkan turunan yakni Surf Easy.
Produk ini juga dengan slogan yang sama yaitu mencuci lebih ringan dan mudah seperti dibantu oleh 10 tangan (jika Attack 12 tangan).

Intinya, kedua produk ini mengeluarkan turunan produk dengan spesifikasi yang sama, jenis yang sama dan slogan yang sama. Hanya bedanya, Eazy=12 tangan, Easy=10 tangan.

Ini menjadi sebuah pertanyaan dalam hati saya. Kok bisa, sebuah 'inovasi' muncul dari dua kubu secara bersamaan. Kesengajaan? Kebetulan? Atau kebocoran? Hanya mereka yang tahu.


Karena hal ini berbeda ketika Attack mengeluarkan Attack plus Softener, yang diikuti oleh SoKlin Softergen dan Rinso Molto namun dalam rentang waktu yang cukup lama.
Ya, itulah yang menggelitik hati saya. [tri]

2 comments:

Anonymous said...

neh gw komentarin pertama kali
1. ATTACK produk KAO bukan P&G

2. Zat agent itu adalah POWER SLIDE ngebuat air tuh licinnn banget shgg nyuci jadi enteng

3. ATTACK 10 tangan. SURF 12 tangan!!

4. Surf yang niru ATTACK. Liat aja di kemasannya kl ATTACK dicetak langsung 10 tangan. kl surf easy white 12 tangan dengan stiker

5. Critanya: Easy distribusi dahulu d THAILAND, dengan membawa marketing yang sama 10 tangan. D thailand Easy sukses besar. RINSO Thailand mati. Kita bawa Easy k Indonesia dengan Marketing KAO yang sama. Ehhhhhh si Pagliat itu tiru-tiru payah ya...

6. Rinso molto: hanya det plus pewangi, bukan pelembut
SoKlin Softergen: Det pelembut yang nembak produk ATTACK softener. KUALITAS????? JELAS BEDA donk. Coba aja

ATACK Softener: Det plus pelembut nomor 1. dan pembawa inovasi pertama di INDONESIA

Sekian Terima kasih.... Jangan bingung mas

hehe

Anonymous said...

Terima kasih atas penjelasannya. Maaf atas kekeliruan saya. Saya senang sudah ada komen yang membantu saya. Salam buat Mas hehe

image

Brand Development

Saya adalah blogger, penulis, citizen journalist sekaligus praktisi marketing. Konsultan pengembangan merek, penyusunan sistem franchise. Trainer marketing, sales dan online advertising

image

Web Development

Anda butuh website atau blog pribadi? Untuk pengembangan usaha, LSM, organisasi, sekolah, toko online atau perusahaan Anda? Silahkan hubungi saya 0812-2222-0750 atau kirim email ke mr.antowiyono@gmail.com