Thursday, September 25, 2014

Manfaat Briefing di Pagi Hari


Anda bekerja di kantor? Perusahaan? UKM? Koperasi? Distributor? Proyek? Atau punya usaha sendiri? Bagaimana dengan rutinitas pagi Anda di tempat kerja? Datang, absen lalu duduk di meja masing-masing? Ada briefing setiap pagi?

Mengadakan briefing di setiap pagi di tempat kerja atau usaha milik Anda adalah salah satu cara efektif memperkuat kinerja dan kerjasama semua bagian dalam bisnis Anda.

Briefing bisa diisi dengan arahan kerja oleh supervisor, manajer atau siapapun yang menjadi PIC, jadwal kerja, agenda perusahaan, sedikit tanya jawab dan diakhiri dengan doa. Doa adalah penting dalam setiap bisnis apapun karena kita tidak bisa melalaikan Tuhan dalam hidup ini. Briefing ini semestinya rutin dilakukan setiap pagi setidaknya 10 menit. Berapapun jumlah orang yang hadir, briefing tetap harus dilakukan. 

Budayakan untuk menggilir setiap orang menjadi pemimpin briefing. Jangan hanya didominasi oleh satu orang atau hanya orang-orang tertentu saja. Upayakan setiap orang memulai berbicara di depan umum. Jika tidak ada arahan di hari itu, pemimpin briefing bisa memandu untuk berdoa bersama.

Setelah berdoa, berikan semangat kepada seluruh tim dengan cara berkumpul, menyatu dan mengumpulkan tangan lalu teriakkan yel-yel. Mungkin bisa "sukses!" atau "semangat!" atau apa saja. Ingat, berteriak yel-yel di pagi hari sangat bermanfaat untuk membangun semangat pagi. 

Tips dari saya, lakukan briefing sambiil berdiri di halaman. Tidak sambil duduk di ruangan. Berdiri dapat meningkatkan konsentrasi. Berdiri di halaman selama 10 menit dengan terpaan sinar matahari pagi sangat sehat dan akan menambah semangat. Karena biasanya karyawan yang baru datang dengan kendaraan akan merasa ngantuk di perjalanan. Tetapi briefing dengan berdiri di halaman yang sudah mulai panas akan mengembalikan konsentrasi mereka sehingga mereka benar-benar siap bekerja.

Semoga bermanfaat. Semangat Pagi !

Foto diambil dari:
http://railtec.illinois.edu

0 comments:

image

Brand Development

Saya adalah blogger, penulis, citizen journalist sekaligus praktisi marketing. Konsultan pengembangan merek, penyusunan sistem franchise. Trainer marketing, sales dan online advertising

image

Web Development

Anda butuh website atau blog pribadi? Untuk pengembangan usaha, LSM, organisasi, sekolah, toko online atau perusahaan Anda? Silahkan hubungi saya 0812-2222-0750 atau kirim email ke mr.antowiyono@gmail.com