Monday, February 18, 2013

Seminar Tentang Difabel dan Sendratari Ramayana Dalam Rangka 75 Tahun LPATR Dena Upakara




Diskriminasi terhadap penyandang cacat/Disabilitas/ atau lebih tepatnya disebut DIFABEL (Diferent Ability) masih sering terjadi di tengah-tengah kita. Diskriminasi tersebut masih kita lihat dari cara pandangan (paradigma), perlindungan hukum, perlakuan, pengakuan, hak-hak dalam masyarakat maupun fasilitas umum yang digunakan.

Hal ini tidak perlu terjadi apabila pemahaman tentang difabel dapat di terima dan dimengerti secara mendalam dalam kehidupan keluarga, masyarakat, dan pemerintah selaku pemegang kebijakan.  

Penyandang DIFABEL bukan lah manusia yang perlu “dikasihani”, mereka hanya membutuhkan “cara yang berbeda” untuk belajar, Ruang aktualisasi karya dan sedikit “perhatian”  bersama. Sehingga mereka menjadi manusia yang “Berdaya” dan mampu “Bersaing” layaknya manusia pada umumnya.

Kerja Sosial & Kampanye bersama cermin dari Pluralitas dan kerukunan ber Agama

Sebagai sebuah lembaga yang aktif dalam pelayanan kepada anak-anak difabel, khususnya anak-anak tunarungu, Lembaga Pendidikan Anak Tunarungu (LPATR) Dena-Upakara Wonosobo mengajak masyarakat luas, khususnya masyarakat Wonosobo untuk ambil bagian dalam kepedulian dan pelayanan kepada kaum difabel di Wonosobo.

Perayaan 75 tahun LPATR Dena-Upakara pada tanggal 15 Maret 2013 akan melibatkan berbagai kalangan masyarakat Wonosobo yang peduli akan pendidikan dan pelayanan kaum difabel. Kepanitian di susun dari beberapa kalangan, baik Mahasiswa, pendidik/Dosen, Budayawan, Tokoh Organisasi Kemasyarakatan dan Tokoh lintas Agama. Dan kegiatan ini melibatkan dan mengundang semua lapisan masyarakat sehingga kampanye tentang DIFABEL ini sesuai dengan harapan yang diinginkan.

Tentang LPATR Dena-Upakara

LPATR Dena-Upakara yang berada di Kabupaten Wonosobo, selama 75 tahun melayani anak-anak tunarungu dari berbagai daerah di Indonesia. Pada awal didirikan, tahun 1938, sampai tahun 1955, lembaga ini melayani anak-anak tunarungu putra dan putri. Namun karena berbagai pertimbangan, maka pada tahun 1956, lembaga ini hanya melayani anak-anak tunarungu putri. Sedangkan yang putra diserahkan kepada Lembaga Karya Bakti (Don Bosco).

Usia 75 tahun tentu saja bukan usia muda dalam perjuangan dan kesetiaan melayani anak-anak tunarungu. Maka LPATR Dena-Upakara hendak bersyukur atas perjuangan dan kesetiaan tersebut. LPATR Dena-Upakara mengajak masyarakat Wonosobo untuk merayakan hari penuh syukur dan kebahagiaan dalam sikap peduli kepada kaum difabel yang ada di Wonosobo dan merayakannya dengan menyaksikan pentas Sendratari Ramayana.


BENTUK KEGIATAN
1.    TALKSHOW
Talkshow  ini akan membahas tentang dunia  Difabel dalam  mendapatkan kedudukan, perlakuan, dan hak yang sama seperti yang diamanahkan dalam UNDANG-UNDANG NEGARA REPUBLIK INDONESIA, NOMOR 4 TAHUN 1997, TENTANG PENYANDANG CACAT.

TEMA  :
“Menuju Keluarga, Masyarakat dan Pemerintahan sensitif DIFABEL”
PEMBICARA :
a.      Arswendo Atmo Wiloto (Budayawan)
b.      Pakar dan penggiat dunia Difabel (UIN suka)
c.      Pakar dari kampus Sanatadharma
d.      Unsur Pemerintah
e.      Perwakilan Dena-Upakara
TUJUAN :
Seminar ini akan diikuti 200 peserta dari kalangan :
a.      Membuka paradigma baru tentang Difabel
b.      Meningkatkan kesadaran keluaraga, masyarakat dan pemeritah yang sensitif difabel.
c.      Meningkatkan pendidikan dan pelayanan yang sesuai bagi kaum difabel.
d.      Kampanye bersama  Kepedulian social terhadap DIFABEL
PESERTA :
a.      Instansi Pemerintah (Desa, Kecamatan dan Kabupaten)
b.      Kalangan Pelajar dan Mahasiswa
c.      Tokoh Masyarakat
d.      Kalangan Pendidik
e.      UMUM
WAKTU dan TEMPAT
Seminar ini dilaksanakan pada Hari Jum’at. 15 Maret 2013. Pukul 14.00-16.00, di Gedung Sasana Adipura Wonosobo

2.    SENDRATARI RAMAYANA
LAKON
“Brubuh  Ngalengka”
PENARI
Siswi-siswi Tunarungu Dena-Upakara Wonosobo kelas Dasar 1 sampai SMPLB kelas VIII.
PEMUSIK (PENGRAWIT)
Guru-guru Dena-Upakara Wonosobo.
WAKTU & TEMPAT
Dilaksanakan pada Hari Jum’at. 15 Maret 2013. Pukul 16.00-20.00, di Gedung Sasana Adipura Wonosobo
3.    PAMERAN PRODUK HASTA KARYA
Sebagai bukti bahwa siswi-siswi Dena Upakara dapat berdaya saing dengan siswi-siswi lainya maka pameran ini diharapkan dapat memberikan gambaran kepada masyarakat luas bagaima proses kreatif dibalik karya tersebut,

0 comments:

image

Brand Development

Saya adalah blogger, penulis, citizen journalist sekaligus praktisi marketing. Konsultan pengembangan merek, penyusunan sistem franchise. Trainer marketing, sales dan online advertising

image

Web Development

Anda butuh website atau blog pribadi? Untuk pengembangan usaha, LSM, organisasi, sekolah, toko online atau perusahaan Anda? Silahkan hubungi saya 0812-2222-0750 atau kirim email ke mr.antowiyono@gmail.com