Monday, January 14, 2008

Sekelumit Perhatian Saya di Malang


Berada di Kota Malang beberapa hari ini saya menemui beberapa hal yang berbeda dari kota-kota yang lainnya. Terutama dari daerah asal saya. Terutama yang saya perhatikan masalah lalu-lintas. Ada bebera hal yang di kota saya menjadi sebuah pelanggaran, namun di Malang masih leluasa saja "berlaku". Seperti program [LIGT ON/KLEK BYAR] yaitu program menyalakan lampu motor pada siang hari. Di kota saya, saat ini sudah dilakukan tindakan sanksi jika tidak menyalakan lampu motor di siang hari. Saya, yang sudah terbiasa Ligt On, selalu menyalakan lampu motor 24 jam (kecuali berhenti tentunya). Hingga suatu ketika saya di beri sebuah kode dari orang yang saya temui di jalan yang menunjukkan bahwa lampu motor saya nyala. Lho, emang tak uripke kok Pak. Kedua, masih banyak motor anak muda yang menggunakan ban ukuran tidak standar atau lebih kecil. Di beberapa kota, hal ini sudah menjadi sebuah pelanggaran karena sudah melewati masa sosialisasi dan teguran. Konon, di Sragen jika masih ada yang menggunakan ban tidak standar akan di sobek dengan pisau cutter oleh pak Polisi. Ketiga, ada jalan yang diberi jalur khusus untuk sepeda motor dan terdapat larangan untuk motor melewati jalur utama, tapi masih juga banyak yang melanggar. Seperti saya lihat di Jl. Jakgung Suprapto (semoga tidak salah). Satu lagi yang menurut saya sangat fatal, yaitu helm bathok. Di beberapa kota helm bathok atau yang tidak standar bahkan helm proyek sudah sama sekali tidak diperbolehkan melintas di jalan umum. Bahkan hal ini kini sudah bukan lagi merupakan peraturan tapi sudah menjadi budaya. Tidak ada lagi orang yang memakai helm bathok. Juga tidak ada lagi yang menjual helm jenis ini. Memakai helm standar lebih nyaman dan aman. Ada sebuah sosialisasi dari Polri yang berbunyi begini "Dengan Memakai Helm Standar Tidak Akan Mengurangi Penampilan Anda". Ini beberapa perhatian saya selama beberapa hari di Malang. Tapi mungkin ini merupakan sebuah indikasi bahwa di Malang kondisinya sangat kondusif dan aman sehingga hal-hal yang 'mungkin masih dianggap' sepele tersebut tidaklah terlalu membahayakan karena pola pikir dan budaya yang kondusif. Semoga saja demikian. I hope so.

0 comments:

image

Brand Development

Saya adalah blogger, penulis, citizen journalist sekaligus praktisi marketing. Konsultan pengembangan merek, penyusunan sistem franchise. Trainer marketing, sales dan online advertising

image

Web Development

Anda butuh website atau blog pribadi? Untuk pengembangan usaha, LSM, organisasi, sekolah, toko online atau perusahaan Anda? Silahkan hubungi saya 0812-2222-0750 atau kirim email ke mr.antowiyono@gmail.com