Iklan testimoni yang paling fenomenal adalah iklan Klinik Pengobatan China Tong Fang. Misal; "Saya Agus dari Bondowoso, menderita kanker sudah sejak sepuluh tahun. Kata dokter saya harus dioperasi, tapi setelah berobat di Klinik Tong Fang, alhamdulillah kanker saya berangsur sembuh. Terimakasih Klinik Tong Fang".
Nah, kesaksian dari pasien, user, konsumen atau jaringan distribusi sebuah produk dan jasa seperti itu sangat bermanfaat. Testimoni ini juga bisa saja tanpa sepengetahuan si pengelola produk. Artinya, dengan metode word of mouth, para pelanggan sebuah produk akan saling membagikan testimoninya kepada orang lain, sehingga satu-persatu pelanggan bertambah.
Tetapi ingat, kesaksian atas sebuah produk atau jasa bukan hanya dalam hal positif, bisa juga dalam hal negatif. Ini justru sangat berbahaya. Satu kali saja seorang kecewa dengan layanan jasa atau produk kemudian bercerita kepada orang lain, maka ratusan calon pelanggan potensial akan menjauh dan penjualan produk kita akan terhambat.
Jadi, untuk mendapatkan testimoni yang baik, diperlukan manajemen mutu yang baik pula. Semoga bermanfaat.
0 comments:
Post a Comment